SEJARAH

Berdirinya GKI Darmo Satelit Surabaya Pos Jemaat CitraLand

PDRT2

Sejarah berdirinya GKI CitraLand (dulu : CitraRaya) berawal dari Persekutuan Doa Rumah Tangga yang dibentuk oleh Majelis Jemaat bersama Komisi Kesaksian dan Pelayanan (Kespel) GKI Darmo Satelit (GKI DaSa), dimana ditunjuk koordinator untuk wilayah CitraLand, Pakuwon, Graha Family, dan sekitarnya (disebut PDRT wilayah VII) adalah Pnt. Wadiono Gondo (Alm). Sehubungan dengan perkembangan jemaat yang berada di wilayah VII, maka pada tanggal 24 Januari 2003 Persekutuan Doa Rumah Tangga pertama kali diadakan di keluarga bapak Paul Timeus Santoso, jalan Puri Widya Kencana J-5 No. 11 CitraLand – Surabaya sebagai wujud Persekutuan Doa Rumah Tangga yang dimulai di daerah wilayah VII. PDRT diadakan bergantian tempat dari rumah jemaat yang satu ke rumah jemaat yang lain yang dilaksanakan sebulan dua kali, yaitu setiap hari Jumat ke II dan IV, yang mana setiap PDRT diadakan dihadiri oleh + 20 orang adalah anggota jemaat GKI Darmo Satelit yang tinggal di daerah wilayah VII.

Hanya karena pimpinan Tuhan dan atas kerjasama yang baik dengan jemaat yang tinggal di daerah wilayah VII, PDRT dapat berkembang. Saat itu data jemaat yang berdomisili di wilayah II ada + 68 orang, maka koordinator melaporkan kepada Majelis Jemaat dan Komisi Kespel GKI Darmo Satelit pada bulan Juli 2003 dan diadakan Persidangan Majelis Jemaat dan Komisi Kespel GKI Darmo Satelit pada tanggal 1 Oktober 2003 untuk membahas Pos Jemaat CitraLand, dan keputusan bersama disetujui Pembentukan Pos Jemaat CitraLand, kemudian rapat Komisi Kespel pada tanggal 17 Nopember 2003 memutuskan calon-calon panitia Pos Jemaat CitraLand adalah Ketua I : Pnt. Wadiono Gondo, Ketua II : Bpk. Hendra Darmawan Sutanto, Sekretaris I : Bpk. Paul Timeus Santoso, Sekretaris II : Ibu Nanik Melaniawati, Bendahara I : Bpk. Bambang Setiawan, Bendahara II : Bpk. Rulolf. M.Corua, Anggota : Bpk. Efrandy Rachman, Bpk. Anwar Hutomo, Bpk. Henry Susilo, Ibu. Fifijawati Kosasih, Ibu. Karwati Angkriwan, Ibu Endang Yulistianawati Setiawan, sedang Majelis penghubung akan ditentukan oleh Majelis Jemaat GKI Darmo Satelit. Selanjutnya Komisi Kespel GKI Darmo Satelit mengajukan surat kepada Majelis Jemaat GKI Darmo Satelit mengenai calon-calon panitia Pos Jemaat CitraLand seperti tersebut di atas. Pada tanggal 21 Nopember 2003 dengan balasan surat no. 340/ U/DS/ XI/ 03,  Majelis Jemaat GKI Darmo Satelit menyetujui susunan panitia Pos Jemaat CitraLand, selanjutnya dilantik/ diteguhkan pada tanggal 1 Pebruari 2004 bersama-sama dengan Majelis Jemaat baru GKI Darmo Satelit dan komisi-komisi lainnya pada kebaktian pk.17.00 WIB yang dipimpin oleh Pdt. Andreas Hendra Buana (Alm).

Setelah panitia Pos Jemaat terbentuk, langsung mengadakan rapat pada tanggal 3 Pebruari 2004 bertempat di rumah keluarga Bpk. Bambang Setiawan, jalan Villa Bukit Indah AA-1 No. 33 Pakuwon Indah – Surabaya (sebagai tempat rapat sementara Panitia Pos Jemaat CitraLand) bersama Majelis penghubung, untuk membahas tempat kebaktian serta ijin-ijin pemberitahuan kepada para tetangga, RT, RW, Lurah, Camat, Kepolisian, Koramil; serta anggaran dan program-programnya sesuai dengan time schedule yang telah dibuat bersama Komisi Kespel GKI Darmo Satelit.

Ruko-GKI

Atas kemurahan Tuhan, panitia mendapatkan tempat di Ruko Sentra Taman Gapura G / 12-14 dari kantor PT. Ciputra Surya dengan kontrak selama 4 tahun

dengan pembayaran tahap I sebesar Rp. 22 juta (10 Maret 2004), tahap II sebesar Rp. 22 juta (10 Maret 2005) dengan keadaan bangunan standar yang telah diketahui bersama-sama dengan apa adanya. Oleh karena itu dengan penuh semangat, panitia mengadakan perbaikan-perbaikan sipil oleh Pnt. Tridjoko Siswantoro, instalasi oleh Bpk. Anwar Hutomo dan Bpk. Rulolf. M. Corua, desain oleh Pnt. Harijanto Yoewono. Selanjutnya panitia memikirkan inventaris gedung ibadah serta pembangunannya. Atas dukungan panitia dan seluruh jemaat GKI Darmo Satelit apa yang diharapkan dapat terpenuhi pada waktunya, khususnya lantai I dipakai untuk kebaktian umum yang dapat menampung + 130 orang, lantai II untuk kantor / rapat panitia dan kebaktian pra-remaja dapat menampung + 50 orang, lantai  III digunakan untuk penjaga Pos Jemaat dan dua ruangan kebaktian anak dapat menampung  + 50 anak. Dengan pertolongan Tuhan dan kemurahanNya, kebaktian perdana dapat diresmikan pada tanggal 6 Juni 2004, pk. 09.30 WIB, di Ruko Sentra Taman Gapura G/12-14 CitraLand – Surabaya.

Puji Tuhan, Pos Jemaat CitraLand pada tgl. 27 Juni 2004 dimulai percobaan kebaktian anak sampai 17 Oktober 2004, dalam perkembangannya nampak banyak kemajuan dengan jumlah kehadiran rata-rata 10-19 anak, maka panitia rapat bersama guru-guru Sekolah Minggu dan pembina memutuskan untuk tetap mengadakan Kebaktian Anak. Untuk menunjang hal ini maka guru-guru membuat program-program yang menarik untuk meningkatkan jumlah kehadiran anak dan mengenalkan pada Tuhan Yesus dalam pelajarannya. Dengan perkembangan yang signifikan panitia memutuskan Kebaktian perdana Anak diadakan pada tgl. 24 Oktober 2004 yang dimeriahkan oleh panggung boneka dan badut kristiani yang dihadiri 34 anak.

Karena anugerah Tuhan, Pos Jemaat CitraLand terus berkembang dengan adanya persekutuan KPR yang dimulai pada tgl 4 Agustus 2004 pukul 19.00, yang dipimpin oleh Bpk. Ev. Eddy Soejanto, S.Th, dengan kehadiran 7 orang. Kemudian tgl. 11 Agustus 2004 persekutuan KPR dipimpin oleh Sdri. Susana Kurniawati, S. Si.Th dengan kehadiran 10 orang. Itu merupakan wujud persekutuan KPR telah dilakukan sampai saat ini tetap dilaksanakan setiap Rabu ke-II dan IV pkl. 19.00 di Pos Jemaat CitraLand. Begitu pula PDRT yang sudah berjalan tetap dilaksanakan setiap Jumat ke-II dan IV dengan berpindah-pindah tempat di rumah jemaat, dengan rata-rata kehadiran 15-20 orang.

Untuk menunjang kegiatan Pos Jemaat, panitia melakukan pembagian selebaran-selebaran atas kegiatan pos, pemasangan spanduk di 3 tempat yang strategis serta pemuatan moving text pada saluran parabola di CitraLand – Surabaya. Begitu pula setiap kebaktian minggu selesai diadakan ramah tamah, dengan menyediakan snack, teh, dan kopi untuk dinikmati jemaat sambil berbincang-bincang tentang kemajuan pos dan kegiatan-kegiatan yang ada.

Perjalanan GKI Darmo Satelit Pos Jemaat CitraLandSurabaya sudah berjalan satu tahun lebih yang dimulai dari Kebaktian Perdana tanggal 6 Juni 2004 dan pada tanggal  6 Juni 2005 telah merayakan hari Ulang Tahun yang ke-1, dengan menampilkan Kilas Balik Perjalanan Pos CitraLand untuk mengingatkan kembali pelayanan yang telah dikerjakan selama 1 tahun serta acara-acara Sekolah Minggu yang sangat baik bagi jemaat CitraLand. Program Pos CitraLand yang sudah dikerjakan sangat menunjukkan peningkatan yang signifikan baik Kebaktian hari Minggu Umum dengan tingkat kehadiran 60-90 orang, Kebaktian Anak dengan tingkat kehadiran 20-30 orang, PDRT (Persekutuan Doa Rumah Tangga) dengan kehadiran 15-35 orang, PA (Pemahaman Alkitab) dengan kehadiran 20-40 orang, KPR / KTB (Komisi Pemuda & Remaja / Kelompok Tumbuh Bersama) dengan kehadiran 5-17 orang. Tentunya program yang telah dikerjakan akan terus ditingkatkan lebih maksimal dan yang belum terlaksana serta kekurangannya akan dikerjakan ke depan lebih baik lagi. Itu semua karena anugerah Tuhan yang telah diberikan dan dipercayakan pada Panitia dan Majelis GKI Darmo Satelit.

Keberadaan GKI Darmo Satelit Pos Jemaat CitraLand saat sangat membantu jemaat GKI atau gereja-gereja lainnya untuk tidak perlu jauh beribadah di tempat induknya.

Saat itu data anggota jemaat GKI Darmo Satelit di daerah CitraLand dan sekitarnya tercatat : 92 orang dan jemaat tamu tercatat: 75 orang dari 8 GKI se-Surabaya dan gereja-gereja lain yang tinggal di wilayah CitraLandSurabaya. Dari semua data jemaat yang tercatat tingkat kehadirannya 1-2 kali / 2 bulan, harapan Panitia saat ini meningkatkan perkunjungan jemaat baik anggota maupun jemaat tamu, serta meminta khusus bagi jemaat tamu yang sudah aktif untuk dapat atestasi.

Sesuai dengan target untuk meningkatkan status GKI Darmo Satelit Pos Jemaat CitraLand menjadi BaJem, maka panitia menulis surat pada Majelis GKI Darmo Satelit dengan no. 046/U/PPJCR/GKI DaSa/VII/2005 tertanggal 11 Juli 2005 dan telah direspon oleh Majelis GKI Darmo Satelit dan juga diteruskan dengan surat kepada Badan Pekerja Majelis Klasis (BPMK) Bojonegoro dengan no. 299/U/DS/VIII/2005 tertanggal 25 Agustus 2005 serta ditindaklanjuti dengan visitasi dari BPMK Klasis Bojonegoro pada tanggal 26 September 2005 pukul 19.00 WIB di GKI Darmo Satelit (surat no. 322/U/DS/IX/2005 tertanggal 24 September 2005). Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Majelis BPMJ dan Majelis Penghubung CitraLand sebanyak 19 orang, Panitia Pos CitraLand sebanyak 7 orang, Pelawat dari BPMK Klasis Bojonegoro sebanyak 2 orang (Pdt. Sutrisno, S.Th dan Pdt. Gidyon, S.Th) serta hadir pula Sekum Sinode Pdt. Triatmoko Adipramono, S.Th. Melalui beberapa pembicaraan dan pertanyaan dalam visitasi, Panitia telah menyerahkan data-data Pos Jemaat CitraLand pada rapat tersebut, dapat disimpulkan sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Tata Gereja pasal 3:2. Selanjutnya akan diteruskan dan dilaporkan pada persidangan BPMK Bojonegoro yang diperkirakan pada bulan Juli 2006 untuk disahkan menjadi Bakal Jemaat GKI CitraLand.

Harapan Panitia setelah visitasi adalah meningkatkan lebih banyak kehadiran jemaat CitraLand dan jiwa-jiwa baru serta informasi program yang baik dan menarik dengan diikuti oleh pemerhati yang ramah dalam penyambutan maupun ramah tamah seusai kebaktian serta antar jemput bagi jemaat yang lanjut usia.

BERDIRINYA GKI DARMO SATELIT SURABAYA BAKAL JEMAAT CITRALAND

Sejarah2

Sejarah11

Setelah melalui perjalanan dari GKI Pos Jemaat CitraLand dengan pertumbuhan dan perkembangan jemaat, maka GKI Pos Jemaat CitraLand telah ditingkatkan statusnya menjadi GKI Darmo Satelit Surabaya Bakal Jemaat CitraLand pada Kebaktian Ucapan Syukur, hari Selasa, 8 Agustus 2006 pkl. 18.00 WIB di Ruko Sentra Taman Gapura G/12-14, CitraLand – Surabaya. Pertumbuhan jemaat paska Bajem terus meningkat, baik dalam Kebaktian Umum Minggu = 107 orang, Kebaktian Anak = 33 orang, PDRT = 15 orang, KTB = 12 orang, PA = 21 orang, bahkan persembahan-persembahan dapat dikatakan meningkat 70 %. Dengan perkembangan jemaat yang ada, Badan Pimpinan Bajem membentuk Pelatihan Paduan Suara pada tanggal 4 Oktober 2006, dengan dilatih oleh Bp. Krismanto Wihanggama, dengan anggota 30+ orang, waktu latihan setiap hari Rabu pukul 19.30 WIB di Bajem CitraLand. Pada tanggal 18 Oktober 2006, Paduan Suara diberi nama PS. Filadelfia, wujud nyata dalam pelatihan telah dipersembahkan perdananya melalui Kebaktian Umum Minggu pada tanggal 26 November 2006 di Bajem CitraLand dan seterusnya. Selanjutnya dibentuk pula Paduan Suara Anak-Anak, Vokal Group Anak-Anak, Vokal Group Muda Dewasa, serta Pelatihan Organis / Pianis. Dengan dibentuknya Paduan Suara dan Vokal Group, diharapkan bisa menunjang bakat/ talenta jemaat CitraLand supaya bisa dipacu lebih maju didalam mempersiapkan jemaat yang lebih dewasa. Melalui berbagai kegiatan yang ada serta Quisioner / Angket Jemaat selama 3X / tahun, Evaluasi menunjukkan wujud nyata peningkatan kehadiran jemaat yang signifikan. Oleh karena itu dalam rapat Badan Pimpinan Bajem, memutuskan 2 hal pokok untuk membentuk :

1. Panitia Pembangunan Bajem CitraLand.

2. Kebaktian Umum ke-2, setiap Minggu, pada pukul 17.30 WIB.

Kedua hal pokok tersebut di atas oleh Badan Pimpinan Bajem CitraLand diajukan pada Majelis GKI Darmo Satelit, dan telah mendapat persetujuan dari Majelis, maka disahkan :

Pada tanggal 22 Oktober 2006 s/d 5 November 2006 melalui  Warta Jemaat (Panitia Pembangunan Bakal Jemaat CitraLand), kebaktian ke-2 pukul 17.30 WIB akan dimulai pada tanggal 21 Januari 2007.

Sejarah4

Program selanjutnya dari Badan Pimpinan adalah memikirkan pembelian lahan untuk rumah ibadah dengan kiat-kiatnya serta memperpanjang kontrak Ruko Sentra Taman Gapura G/12-14 CitraLand selama 4 tahun beserta lahan yang telah dijanjikan oleh Bp. Ir. Ciputra pada waktu kehadirannya di Bajem CitraLand pada tanggal  27 Agustus 2006 dalam rangka membagikan berkat dan kesaksian Firman Tuhan. Dalam pembicaraan selanjutnya apa yang telah dikatakan oleh Bp. Ir. Ciputra akan ditepati dan telah didisposisikan pada Pimpinan PT. Ciputra Surya – Surabaya, selanjutnya Panitia Pembangunan melakukan pembicaraan untuk mendapatkan letak posisi lahan dan perpanjangan kontrak ruko. Dengan harapan Badan Pimpinan Bajem dan Panitia Pembangunan serta Majelis GKI Darmo Satelit dapat merealisasikan pembelian lahan untuk dibangun menjadi rumah ibadah dan peletakan batu pertama diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2007.

Pertumbuhan dan perkembangan Bajem CitraLand terus meningkat sehingga dirasakan perlu menambah jam kebaktian umum kedua pada tanggal 21 Januari 2007 pada pkl. 17.30 Wib. Kehadiran jemaat dalam kebaktian Umum I pkl. 09.30 Wib, rata-rata kehadiran = 99 orang, Kebaktian Umum II pkl. 17.30 Wib. Rata-rata kehadiran = 25 orang. Demikian pula dengan pertumbuhan dan perkembangan pada kehadiran Anak Sekolah Minggu dan Tunas/Remaja, maka perlu diadakan kebaktian bagi Tunas/Remaja. Kebaktian Anak = 30 orang, Kebaktian Tunas/Remaja = 12 orang, PDRT = 25 orang, Persekutuan KTB = 20 orang, PA = 20 orang, demikian pula dengan persembahan-persembahannya.

Dengan pertumbuhan dan perkembangan jemaat yang ada, Badan Pimpinan Bajem CitraLand mengusulkan dan meminta kepada Majelis Jemaat GKI DARMO SATELIT untuk mencari seorang hamba Tuhan fulltimer/Tenaga Bantu Pelayanan yang khusus membimbing dan mendampingi pertumbuhan dan perkembangan Bajem CitraLand. Dalam proses penjajagannya, Badan Pimpinan Bajem CitraLand mengusulkan dan meminta Majelis Jemaat GKI DARMO SATELIT untuk memanggil Bapak Edi Purwanto S,Si dari GKI Purwodadi-Grobogan,Jawa Tengah, untuk dapat melayani dan mengembangkan Bajem CitraLand menjadi Jemaat GKI CitraLand. Maka mulai per 1 Agustus 2007 – 30 Juli 2008, Bapak Edi Purwanto S,Si ditugaskan oleh Majelis Jemaat GKI DARMO SATELIT untuk melayani di Bajem CitraLand.

Dalam perkembangannya, Bajem CitraLand mulai banyak mengalami peningkatan dengan adanya banyak kegiatan pelayanan yang ada. Melalui Saresehan bersama antara Panitia Bajem dan Seksi-seksi yang dibentuk di Bon-Ami, Surabaya pada tanggal 2 Nopember 2007, komitmen pelayanan dalam menumbuhkan dan mengembangkan Bajem CitraLand semakin besar. Hasil Saresehan membentuk usulan susunan Struktur kepanitiaan Bajem yang baru, yang terbagi dalam bidang-bidang pelayanan; Persekutuan, Pembinaan, Kesaksian & Pelayanan dan Sarana Penunjang. Disamping itu membentuk Seksi-seksi : Seksi Anak, Seksi Tunas/Remaja, Seksi Dewasa Muda dan Seksi Musik Gerejawi. Dan Team-team Pelayanan: Team Pianis/Organis, Team Pemandu Pujian, Team Operator LCD, Team Pemerhati & Perkunjungan, Team Diakonia, Team Publikasi & Dokumentasi, Team Konsumsi Gereja, Team Kolportage & Perpustakaan dan Team Pembangunan Gereja. Disamping sudah terbentuknya Paduan Suara Jemaat “Filadelfia”, juga membentuk Vocal Group Anak “Betlehem”, Vocal Group Tunas/Remaja “Magnificat”. Tentunya untuk kedepan akan dibentuk dan diadakan Vocal Group lainnya serta diadakan pembinaan-pembinaan untuk lebih matang dan menjadi lebih baik. Dan dalam menunjang kehadiran jemaat pada Kebaktian Umum II pukul 17.30 WIB, maka dibuatlah suasana ibadah yang lebih semarak dengan mengundang dan melibatkan pelayanan dari team band yang berasal dari GKI se-Surabaya : GKI Emaus, GKI Diponegoro, GKI Pregolan Bunder, GKI Sulung, GKI Darmo Satelit. Setelah belajar dari team-team tersebut dibentuklah team band Bajem CitraLand sendiri.

Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan gerejawi serta team-team pelayanan yang telah diusulkan bisa menunjang bakat/talenta jemaat CitraLand supaya bisa dipacu lebih maju didalam mempersiapkan jemaat yang lebih dewasa.

Oleh karena itu dalam rapat bersama Badan Pimpinan Bajem CitraLand, memutuskan untuk terus :

• Memperpanjang kontrak Ruko Sentra Taman Gapura G/12-14 selama 2 tahun, 2008-2010.

• Membeli lahan dan membangun gedung gereja di kawasan CitraLand. (dalam proses negosiasi)

Seiring dengan berjalannya waktu, gereja Tuhan pun terus mengalami perubahan. GKI Darmo Satelit Bajem CitraLand berada dalam jalur pertumbuhan yang relatif pesat pada tahun-tahun belakangan. Pengujung kebaktian bertambah, Sekolah Minggu berkembang, kegiatan-kegiatan Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan gerejawi mendapat respon baik, bermunculan para aktivis baru, dapat menjadi indikator pertumbuhan gereja. Pada hari Sabtu, tanggal 2 Mei 2009 diadakan acara Malam Puji dan Doa dengan mengundang Franky Sihombing dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan rohani jemaat terutama dalam memuji dan menyembah Kristus. Acara ini dihadiri sekitar 114 orang. Agustus 2009, Bajem Jemaat CitraLand juga mendapatkan bantuan dari GKI Darmo Satelit berupa tenaga koster gereja atas nama Bapak Legowo. Pada bulan Oktober 2009 telah bergabung tenaga penuh waktu/Hamba Tuhan atas Bapak Alexander Kanesa, S Th. Diharapkan dengan kehadiran beliau, jemaat akan semakin bertumbuh dalam iman dan terarah dalam pelayanan. Sehubungan dengan peran Bapak Alex, banyak hal yang sudah dilakukan, diantaranya:

•Persiapan guru Sekolah Minggu yang sudah terjadwal setiap hari Rabu, minggu ke II dan III. Untuk tahun 2010 akan dipindahkan pada hari Selasa, minggu ke III dan IV.

•Katekisasi juga sudah mulai berjalan setiap hari Kamis, pukul 19.00.

•Perkunjungan kepada jemaat rutin diadakan setiap hari Selasa 19.00.

•Doa pagi mulai teratur dan terarah diadakan setiap hari Sabtu pukul 07.00.

Untuk menunjang keakraban antar jemaat pada bulan November 2009, Bakal Jemaat CitraLand mengadakan Camp Jemaat di Hotel Kartika Wijaya Batu – Malang dengan tema “Keluarga Berkemenangan”. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Bapak Paulus Rahardjo beserta dengan Ibu Linda Rahardjo. Jumlah peserta dalam acara ini sekitar 82 orang, dari target peserta sebanyak 100 orang. Target peserta tidak tercapai karena penentuan hari/tanggal acara bersamaan dengan anak-anak menghadapi ulangan akhir sehingga banyak yang membatalkan keikutsertaan dalam acara ini. Christmas Carol juga menjadi perhatian selama tahun 2009, pada tahun ini diadakan perkunjungan ke 15 keluarga dengan tim pengunjung sebanyak 7 orang. Perkunjungan diadakan kepada keluarga yang sakit, tidak bisa menghadiri perayaan Natal dan sudah lanjut usia. Selain memberikan firman Tuhan selama acara berlangsung, juga memberikan persembahan tali kasih kepada mereka.

PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN GKI CITRALAND

SiteplanCL-All

BB2

Sekitar tahun 2007, pihak Ciputra Group menawarkan tanah seluas 2.000 m2 di cluster Woodland-CitraLand dengan harga Rp 1.306.000,-/m2 dengan sistem pembayaran 60x (5 tahun). Namun setelah melalui negoisasi yang alot dan juga karena kondisi keuangan gereja yang belum kuat, kesepakatan ini akhirnya batal. Pada 2008 pihak Ciputra Group menyatakan tanah di WoodLand ini tidak diposisikan sebagai area komersial atau dengan kata lain tidak dijual kepada gereja. Pada tahun 2009, pihak Ciputra Group memberi opsi lahan di Bukit Palma (CitraLand Utara), namun Panitia P3G Bajem CitraLand menolak karena faktor lokasi yang dikuatirkan bisa mengubah komposisi jemaat yang sudah mulai akrab. Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melakukan survei beberapa lokasi di Royal Residence, The Prambanan Residence, Alam Galaxy, dan Wisata Bukit Mas; GKI Darmo Satelit Bakal Jemaat CitraLand memutuskan pembelian lahan di kawasan Bukit Bali CitraLand pada 2009 seluas 2.868 m2 dengan harga Rp. 3.732.000.000,- Pembayaran dimulai per 24 April 2009 dengan skema angsuran 48x sebagai berikut : 12 x Rp. 45.000.000,-; 12 x Rp. 65.000.000,-; 12 x Rp. 85.000.000,- dan 12 x Rp. 116.000.000,-, yang berakhir pada 24 April 2013 lalu.

Beberapa faktor yang mendasari pemilihan lokasi ini adalah :

  1. Harga relatif rendah dan angsuran relatif ringan sebagai komitmen dari pak Ciputra jika dibandingkan dengan developer lain
  2. Future Development : berada di Commercial Area CitraLand, beberapa meter dari CitraLand Utama Boulevard (akses ke Outer Ring Road Surabaya Barat) serta berdekatan dengan Sekolah Cita Hati, St. Louis, Indonet dan Koramil.
  3. Potensi kawasan CitraLand yang terus berkembang ke depan
  4. Tidak mengubah komposisi jemaat

PELUNASAN TANAH DAN PELEMBAGAAN GKI CITRALAND

majelis2

JC3C6875

Berkat dan penyertaan Tuhan yang tidak pernah lepas dari Bajem Citraland, di tahun-tahun ini, nampak Komisi Pemuda mulai terbentuk, adanya Persekutuan Doa Imagodei, dan kader-kader muda Bajem Citraland ini mulai ikut ambil bagian dalam pelayanan, mulai dari pelayan kebaktian, musik, hingga kepanitiaan PHRK. Camp jemaat dan pemuda sudah diadakan beberapa kali, setiap kali acara camp usai, selalu banyak jiwa yang rindu untuk bergabung dalam pelayanan. Tahun 2013 dengan pertolongan Tuhan tanah di Bukit Bali seluas 2.868 m2 telah lunas, dan tempat kebaktian saat ini Ruko Sentra Taman Gapura 12-14, yang waktu itu diawali dari 2 ruko yang masih kontrak, tahun 2014 telah menjadi 4 ruko yang sudah terbeli.  Tidak cukup hanya itu, penyertaan dan pertolongan Tuhan yang luar biasa pada kebaktian pelembagaan 23 Februari membawa Bajem Citraland menuju kedewasaan menjadi GKI CitraLand. Inilah kisah perjalanan Bajem Citraland, tanpa Tuhan Yesus yang menyertai, melingkupi, memelihara, dan memberi kami kekuatan tidak ada satupun yang dapat kami lakukan.

SEMUA KARENA ANUGERAH-NYA.